Sentroclub’s Weblog

hidup hanya sekali sebentar lagi mati

Mengusap Wajah Setelah Shalat

Soal:

Salah satu kebiasaan yg sering kita lihat, setiapselesai salam dalam shalat, orang2 mengusap wajah mereka dengan tangan kanannya. Bagaimana hukumnya?

 

Jawab:

Setelah berdoa, Rasulullah selalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya. Dalam sebuah hadits disebutkan:

“Dari Sa’ib bin Yazid dari ayahnya, “Apabila Rasulullah SAW berdoa, beliau selalu mengangkat kedua tangannya lalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.” [Sunan Abi Dawud, 1275]

 

Begitu pula orang yg telah selesai melaksanakan shalat, ia juga disunnahkan mengusap wajah dengan kedua tangannya. Sebab, ahalat secra bahasa berarto berdoa, karena didalamnya terkandung doa2 kepada Allah sang Khaliq. Sehingga orang yg mengerjakan shalat juga sedang berdoa. Maka wajar jika setelah shalat ia juga disunnahkan mengusap muka.

 

Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar mengutip hadits yg menjelaskan bahwa Rasulullah selalu mengusap wajah dengan tangan, sekaligus tentang doa yg beliau baca setelah salam:

“Kami meriwayatkan (hadits) dalam kitabnya Ibn al-Sunni, dari sahabat Anas ra. bahwa Rasulullah apabila selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya. Lalu berdoa, “Saya bersaksi tiada Tuhan selain kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingungan dan kesusahan.” [al-Adzkar, 69]

 

Hal ini menjadi bukti bahwa mengusap muka setelah shalat memang dianjurkan dalam agama, karena Nabi Muhammad SAW juga mengusap muka setelah shalat.

June 2, 2008 - Posted by | salam

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: