Sentroclub’s Weblog

hidup hanya sekali sebentar lagi mati

Ya mereka orang tua kita !!

Allah SWT berfirman, ”Kami pesankan kepada manusia agar mereka menggauli kedua orang tua mereka dengan baik. Jika kedua orang tuanya menyuruhnya untuk berbuat syirik kepada-Ku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah ditaati. Ketahuilah, hanya kepada-Ku kalian semua akan dikembalikan. Lantas, akan Aku kabarkan apa pun yang telah kalian perbuat.” (Al-Ankabut: 8 ).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya, dosa yang paling besar di sisi Allah adalah dosa seseorang yang melaknat kedua orang tuanya.” Para sabahat bertanya, ”Bagaimanakah bentuknya seseorang itu melaknat kedua orang tuanya?” Rasulullah SAW menjawab, ”Seseorang mengeluarkan kata-kata yang isinya mencela dan menghina keduanya.” (HR Bukhari dari Abdullah bin Amr).

Tidak ada yang paling dekat dalam kehidupan seseorang selain kedua orang tuanya. Keduanya adalah orang-orang yang telah berjasa besar dalam membesarkan dan menjaga seorang anak hingga dewasa. Kepayahan dan kegundahan orang tua seakan lenyap ketika melihat anak-anaknya gembira dan bahagia.

Saat sang ibu mengandung hingga akan melahirkan, ia rela dan ikhlas menahan rasa sakit yang tak terkira. Rasa sakit yang Al-Quran gambarkan hingga bertumpuk-tumpuk, ”Kami pesankan kepada segenap manusia agar memuliakan kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertumpuk-tumpuk. Setelah itu, ia mengasuh dan menyapihnya saat berusia dua tahun. Itu semua agar kalian bersyukur kepada-Ku dan kepada kedua orang tua kalian. Ketahuilah, sesungguhnya kalian pasti akan dikembalikan kepada-Ku.” (Luqman: 14)

Tidak ada kebahagiaan yang orang tua akan rasakan selain jika melihat anak-anaknya tumbuh menjadi orang yang berbakti dan berbudi pekerti luhur dalam kehidupan. Tidak ada satu orang tua pun, yang berpikiran jernih, menginginkan anak-anaknya terjerembab dalam jurang kenistaan dan kesengsaraan. Mereka akan berusaha sekuat tenaga menjadikan anak-anaknya sebagai orang yang sukses dan bahagia dalam kehidupannya.

Allah SWT menyebut balasan yang harus anak-anak berikan kepada orang tua dengan istilah ‘syukur’. Anak-anak harus merasa ‘bersyukur’ dengan jasa-jasa yang orang tua telah berikan sebagaimana syukur seorang hamba kepada Allah SWT. Allah SWT tempatkan syukur kepada orang tua sebagai syukur kedua setelah syukur kepada Allah SWT. Hal itu mengindikasikan betapa syukur kepada orang tua adalah keharusan.

Syukur kepada orang tua sangat banyak ragamnya. Itu bisa dilakukan kapan pun dan di manapun. Bahkan, bakti dan syukur seorang anak pada orang tuanya tetap harus dilakukan ketika orang tua sudah meninggal. Bakti yang seperti ini dijalankan dengan selalu mendoakan mereka, dan melanggengkan tali silaturahim dengan teman-teman mereka.

Itulah mengapa yang harus kita cintai setelah Allah SWT dan RASUL-Nya adalah IBU, IBU, IBU lalu AYAH.

Tunggu apalagi selagi kita sekarang masih memiliki waktu, berdoalah untuk keselamatan serta kebahagiaan orang tua kita,.

June 13, 2008 - Posted by | salam |

1 Comment »

  1. Mari,qta sama2 mndoakn & mmuliakn ortu,kakek,n buyut2/kakek moyang qta. “Ya Tuhanq!Ampunilh aq,ibu bpkq,org yg msk krmhq dg briman,srta smua org yg briman laki2 & prempuan.Dan jgnlh Engkau tmbhkn bg org2 yg dzalim itu slæn kbinasaan”[QS.al-Nuh:28]. Dlm ayt tsb dijlaskn,bhw Nabi Nuh as. mndoakn org2 mukmin laki2 & prempuan agr dosax diampuni olh Allah swt.
    Ini salah1 bukti nyata bhw org yg briman tdk hny mmproleh pahala dr prbuatanx sndiri.Mrk jg dpt mrasakn mnfaat dr amaliyah org læn.
    “Para ahli bid’ah dr kalangn ahli kalam brpndpt bhw mnghadiahkn pahala bæk brupa doa atau lænx sama skali tdk smpæ kpd org yg tlh mninggal dunia”[al-Ruh,117].Dmikian,smg brmanfaat..

    Comment by Ahmad | June 15, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: